TravelWISATAWorld

Jalan Berlumpur Menuju Desa Nunuk

MAJALENGKA – MacaKata.Com – Ratusan orang sering melewati jalanan di jalur yang belum teraspal ini. Melihat jumlah penduduknya, di desa ini mencapai seribu lebih penduduk.

Dari Cibodas Kecamatan/Kabupaten Majalengka, mayoritas memang sudah teraspal. Tapi, sekira satu kilometer memasuki pemukiman Desa Nunuk Kecamatan Maja, kondisi jalannya off road. Jalannya berlumpur.

Bukan rusak. Tapi memang situasi tanah yang labil. Mungkin sudah teraspal dulunya, tapi kembali aspalnya terkikis, karena hujan hingga bulan Juni 2022 ini masih turun deras. Hujan deras makin mempercepat aspal yang mengelupas. Jalanan di titik itu kembali berlumpur seperti sawah.

‎Setelah dusun Cirelek, otomatis, kalau mau menuju balai Desa Nunuk, jalanan seperti sawah, berlumpur dan genangan air keruhnya khas perkampungan mulai terasa.

Saya lewat sini pekan lalu. Kondisi jalannya lumpur dan terlalu berbahaya untuk motor yang bukan trail. Motor metik tidaklah cocok jika lewat jalur seperti itu.

Tapi, secara keseluruhan, jalur jalan menuju Desa Nunuk ini bagus beraspal, tapi setengah hotmix. Sepanjang perjalanan, pemandangannya berbukit dan berlembah.

Karena saat ini masih musim hujan, maka pemandangan hijau masih terlihat jelas. Beda halnya ketika musim kemarau, maka bukit-bukit di sepanjang jalan ini terlihat kering kerontang.

Maka, wajarlah jika jalanan ini terkesan rusak dan berlumpur, mengingat cuaca masih hujan. Aspal-aspalnya terkelupas terbawa oleh air hujan, dan tanahnya yang labil mengamini kerusakan jalan bertambah parah. Hujan membuat jalanan ini berlumpur.

Kelokan dan tanjangan curam bisa dinikmati seperti petualangan. Asyiklah pokokna mah. Yang penting, motor metik ataupun trail, pastikan dulu motormu sehat dan jagjag.

Jangan pernah bawa motor dengan mesin yang meragukan. Lebih baik cari ojeg ajah. Atau pakai grab. Tapi apakah ojeg online bakalan mau mengantarkanmu ke Nunuk? Semoga saja.

Tapi apakah jalanan berlumpur itu masih ada di titik lainnya di wilayah Kabupaten Majalengka…biasanya warganet akan update status di facebook. Semoga saja jalan atau jalur menuju kampung halaman kalian itu bagus dan mulus. (*)

Comment here