BERITABUDAYAEntertainmentFoodFun

Pasar Rakyat Majalengka Apamart Bergema di Jerman

Kopi Apik Suguhkan Kopi Lemahsugih yang Menarik Dunia

MAJALENGKA – MacaKata.com – Program Apamart menjadi pasar rakyat asal Kabupaten Majalengka Jawa Barat, yang kini ramai dan Bergema di Kassel Jerman.

‎Perwakilan para pegiat seni asal Majalengka, bersama Jatiwangi Art Factory (JAF) Majalengka menyuguhkan pasar rakyat yang diberi nama Apamart.

Tentu saja  event documenta fifteen di Kassel, Jerman ini, mengundang warga dunia tertarik untuk melihat, merasakan dan mencicipi produk kuliner khas asal Kabupaten Majalengka.

Program Apamart ini menggaet pelaku Ekraf sekaligus UKM Kabupaten Majalengka. Sejumlah produk lokal, termasuk kuliner yang mencakup makanan dan minuman khas kota angin tersaji di depan warga Jerman dan pengunjung Apamart.

Empat pelaku Ekraf sekaligus UKM yang dilibatkan dalam event lima tahunan itu, diantaranya, Saung Eurih, Kopi Apik, Roti Wangi dan Rempah Embassy.

Program Apamart ini, sebetulnya telah umum dan biasa di kampung-kampung. Namun, nuansa seperti itu, nyatanya dinikmti berbeda di luar negeri.

Direktur Apamart, juga Owner Roti Wangi, Pandu Rahadian mengatakan, aktivitas Apamart di Kassel Jerman, tidak jauh berbeda dengan yang ada di komunitas JAF.

“Transaksinya itu menggunakan mata uang dari tanah liat yang disebut Mpleng. Sistemnya donasi atau tukar barang,” ungkapnya dalam rilis yang diterima, Kamis, 21 Juli 2022.

Pandu menambahkan, sebagai contoh, Jadi, barang sepatu second yang masih layak pakai, ditukar dengan Mpleng. Pembayaran tersebut sah, dan bisa ditukar dengan makanan atau minuman yang ada di Apamart.

“Pengunjung akan mendapatkan produk makanan atau minuman satu porsi. Kalau untuk Roti silakan sepuasnya,” ujarnya.

Pandu menjelaskan, program Apamart berjalan cukup meriah. Adapun Roti Wangi berkolaborasi dengan produsen Roti dan Pizza setempat.

“Kita berkolaborasi dengan Saskia dan Bastian. Senang banget bisa kerjasama dengan mereka,” ucapnya.

Owner Kopi Apik, Gilang Pramudhita mengatakan, produknya cukup banyak diminati oleh masyarakat Kassel, Jerman. Seduhan kopi lokal asal Majalengka Disambut hangat dan gembira. Kopi yang paling banyak diminati itu yakni Kopi yang berasal dari Lemahsugih Majalengka.

Produk minuman lainnya, yakni Rempah Embassy. Produk minuman dengan bahan rempah-rempah itu sangat dinikmati warga Kassel, Jerman.

“Alhamdulillah mereka berbahagia dengan apa yang kami tawarkan. Wedang contohnya, mereka sangat menikmatinya,” ujar owner Kopi Apik Majalengka ini. (*)

Comment here