BERITAEKONOMI

Usaha Lancar Lagi, Berkah Program Baznas Majalengka Kita Jaga Usaha

MAJALENGKA – macakata.com – Keseharian Ibu Sugiarti ini adalah berjualan kopi, mie rebus dan kebutuhan toko klontongan lainnya. Ia merupakan janda yang mandiri di wilayah Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka.

Karena pandemi Covid-19, usaha kecilnya itu tentu saja terdampak. Ibu Sugiarti ini tersenyum kembali, ketika ada perwakilan Baznas Majalengka melihat langsung aktivitas jualannya itu. Wajah ibu Sugiarti tersenyum makin lebar, saat Baznas memberikan bantuan UMKM senilai tiga juta rupiah.

“Saya ucapkan, terima kasih Baznas Majalengka,” ujar Ibu Sugiarti.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Majalengka, H. Agus Yadi Ismail, melalui wakil ketua H. Idi Purnama mengatakan, pihak Baznas mempunyai program Baznas Majalengka peduli UMKM. Tujuannya membantu kelancaran usaha dan bangkit lagi usai pandemi.

“Kami memberikan bantuan kepada salah satu pelaku usaha UMKM terdampak pandemi Covid-19 di Desa Cicadas Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka, al-Hamdulillah kami doakan semoga usaha semakin lancar lagi,” ujarnya, Senin, 10 Oktober 2022.

‎Program bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Baznas Majalengka dalam menjaga geliat perekonomian masyarakat yang rentan.

Hal itu selaras dengan arahan Baznas pusat melalui program Kita Jaga Usaha.

“Baznas menginisiasi program Kita Jaga Usaha sebagai respon darurat ekonomi Covid-19. Hampir dua tahun ini kita hidup di tengah pandemi dan tentu saja begitu banyak persoalan yang menghimpit, terutama di bidang usaha kecil,”ujarnya.

Masih kata Idi, Baznas RI sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang diamanatkan Undang-Undang 23 Tahun 2011 dan PP 14 tahun 2014 adalah sebagai pengelola zakat nasional yang juga berwenang untuk menyalurkan zakat, infak, dan sedekah kepada semua pihak yang sangat membutuhkan.

Sesuai dengan Undang-Undang, Baznas diamanatkan untuk bisa bersama-sama pemerintah mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Baznas merasa bertanggung jawab untuk bersama-sama pemerintah menyelesaikan persoalan-persoalan khususnya di masa pandemi ini Kita Jaga Kyai, Kita Jaga Yatim, dan sekarang Kita Jaga Usaha.

“Program Kita Jaga Usaha mendapat apresiasi positif dari Baznas ini sebagai bentuk kehadiran pemerintah terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat, salah satunya pelaku UMKM,” tandasnya. (*)

Comment here