BERITA

Baznas Majalengka Kembali Salurkan Bantuan Keagamaan

MAJALENGKA – macakata.com – Pemerintah Kabupaten Majalengka melakukan Safari Ramadhan dengan mengadakan Jum’at Keliling di sejumlah desa yang ada di 26 Kecamatan. Tema Safari Ramadhan yaitu “Mari kita kuatkan Aqidah, mantapkan ibadah untuk meningkatkan iman dan taqwa di bulan suci Ramadhan”.

Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Majalengka, Maman Komarudin menjelaskan kegiatan Safari Ramadhan Jum’at keliling dibagi menjadi tiga tim, yang terdiri dari tim I Bapak Bupati, tim II Bapak Wakil Bupati dan tim III Bapak Sekertaris Daerah (Sekda) . Ketiga tim tersebut di ikuti oleh Staf Ahli, Asisten, para Kabag, kepala OPD yang ada dilingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka, Baznas dan Camat.

Dalam kegiatan Jum’at keliling ini juga sekaligus penyerahan bantuan buat sarana ibadah, bantuan guru ngaji dan imam masjid sekaligus bantuan untuk fakir miskin dan anak yatim piatu.

Pada Jum’at kedua 31 Maret 2023 tim bapak Bupati melakukan Safari Ramadhan di masjid Nurul Huda Kelurahan Cicurug  Kecamatan Majalengka , sedangkan bapak Wakil Bupati di masjid Jami  Desa Kagok Kecamatan Banjaran dan tim Bapak Sekda di masjid jamie Darussalam Desa Karangsambung Kecamatan Kadipaten.

Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan, Acara Safari Ramadhan Jum’at keliling ini merupakan agenda rutin tahunan Pemkab Majalengka dilaksanakan di hari Jum’at, adapun tujuannya yakni untuk bersilaturahmi dengan masyarakat di wilayah pedesaan.

“Kegiatan ini sebagai penyambung komunikasi antara Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Kecamatan dan Desa sehingga jalinan komunikasi dapat terjaga dengan baik dan tidak putus,” ucapnya.

Bupati menambahkan, dalam kegiatan Safari Ramadhan dan Jum’at keliling ini sekaligus menyalurkan bantuan untuk peningkatan sarana rumah ibadah, bantuan guru ngaji, imam mesjid dan santunan bagi fakir miskin dan anak yatim piatu.

Wakil Bupat Tarsono D. Mardiana berterimakasih kepada para kyai dan alim ulama yang telah membantu pemerintah dalam membangun bidang keagamaan dan juga mental spiritual masyarakat, kedua hal ini dipandang penting karena tujuannya untuk wujudkan kesejahteraan dunia dan akhirat,

Sekertaris Daerah Majalengka Eman Suherman, mengatakan dalam visi Raharja yang dicanangkan Bupati dan Wakil Bupati selain Adil, Harmonis dan Sejahtera, juga ada Religius. Yang artinya memperhatikan masyarakat yang membantu dalam memberikan ilmu kerohanian.

“Telah menjadi kewajiban untuk memperhatikan maupun memfasilitasi dari peran-peran mereka di masyarakat dalam menyanggah kegiatan rutin keagamaan di lingkungannya,” ujarnya.

Setiap kunjungan Jum’at keliling diserahkan bantuan dari Baznas Kabupaten Majalengka di antaranya bantuan operasional senilai Rp. 5.000.000 untuk DKM Masjid serta dari bagian Kesra Setda Majalengka berupa sarana penunjang Masjid seperti Sound Portabel, sarana ibadah sarung, mukena dan Al-Qur’an. *****

Comment here