BERITATravelWISATA

Akrabisasi Jurnalis, Bawaslu Majalengka Gelar Media Gathering

Pererat Silaturahmi dan Kekeluargaan Antara Bawaslu dan Jurnalis

MAJALENGKA – macakata.com – Selama dua hari dari tanggal 23 dan 24 November 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Majalengka menggelar media gathering. Tujuannya sederhana, untuk silaturahmi sekaligus meng-akrabisasi komunikasi.

Selama ini teman-teman jurnalis, terutama sewaktu proses Pilkada 2018 dan Pileg Pilpres ‎2019 lalu, rekan-rekan jurnalis yang aktif di wilayah pos liputan Majalengka dan sering melaporkan peristiwa, isu serta apapun yang terjadi terkait kepemiluan, rajin bertanya tentang apa yang terjadi di lapangan waktu itu.

Karena kesibukan yang padat, kecanggungan dan banyaknya agenda sewaktu Pilkada, Pileg dan Pilpres membuat Bawaslu tak bisa berkomunikasi lengkap dengan rekan-rekan jurnalis. Media Gathering ini menjadi solusi mencairkan suasana kekeluargaan, sambil tetap ke depannya, memberikan masukan dan kritik. Mengingat Bawaslu merupakan lembaga publik dan anti kritik.

Media gathering ini berlangsung di dua tempat. Tempat pertama di alam terbuka yang memesona yakni di Curug Cipeuteuy di Desa Bantaragung Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka. Sehari full, antara jurnalis, Bawaslu, ‎kepolisian dan Kesbangpol menyatu dalam harmoni. Beragam fun game dilakukan diantaranya memanah, setelah itu berenang di air yang jernih.

Tempat kedua, peserta gathering diberi fasilitas menginap di hotel yang baru dua bulan berdiri di daerah Munjul. Peserta Gathering melaksanakan acara lainnya di Garden Hotel.

Ketua Bawaslu Kabupaten Majalengka, H. Agus Asri Sabana mengatakan dalam sambutannya, kegiatan Media Gathering tersebut sebagai sarana mempererat hubungan emosional, kekeluargaan maupun khemistri antara Bawaslu dengan insan media yang berada di wilayah Kabupaten Majalengka.

“Acara ini menumbuhkan hubungan Bawaslu dengan para insan media yang berada di wilayah Kabupaten Majalengka. Komunikasi kita diharapkan tetap profesional, namun tetap terjalin akrab. Ini momen akrabisasi,” ungkapnya, Sabtu 23 November 2019.

‎Agus menjelaskan usia Bawaslu yang baru satu tahun itu,  berharap mampu bersinergi dengan insan media dalam menciptakan keterbukaan informasi publik khususnya terkait pengawasan kepemiluan.

“Kita baru satu tahun ini. Oleh karenanya, sinergitas perlu dibangun,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Komisioner Bawaslu Majalengka lainnya‎, Alan Barok Ulumudin, Dede Sukmayadi, Abdul Rosyid dan Idah Wahidah juga hadir. Mereka kompak menemani acara di Cipeuteuy maupun di Garden Hotel.

Sementara itu, Koordinator Divisi Humas dan Kerjasama antar Lembaga Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Lolly Suhenty menjelaskan Bawaslu dan Media merupakan satu jajaran yang sama. Ini  bagaikan jembatan yang mampu memberikan informasi terhadap publik terkait masalah kepemiluan.

“Bawaslu dan Media fungsinya hampir sama. Jurnalis mengawasi dan melaporkannya dengan karya tulis, audio, audio visual maupun cetak. Karena di sini ada jurnalis cetak, online, elektronik/televisi dan radio,” ungkapnya.

Lolly Suhenty menambahkan saat ini memang pihaknya merasa belum ada hubungan yang akrab, sehingga dengan diselenggarakannya kegiatan ini mampu merekatkan hubungan yang lebih harmonis.

“Gathering ini dalam rangka jalinan kemistri, kekeluargaan, pertemanan dengan media, sehingga dengan kegiatan Media Gathering ini mampu terwujud hal tersebut,” pungkasnya. ( Acil)

Comment here