OPINIScienceTravelWISATA

Bali Majalengka Ada di Sini

Oleh : Shelby AR

MACAKATA.COM – Melihat pemandangan alam langsung memang menyejukkan mata. Penglihatanku murni terpaku pada sudut tanaman padi, juga rumah di bebukitan atas di sudut arah selatannya. Mungkin hanya satu kilometer dari tempatku berdiri.

Nyatanya pemandangan bernuansa sawah ini ada di sekitaran Pajajar dan Teja Kecamatan Rajagaluh. Melihatnya bisa langsung di pinggir jalan. Bali Majalengka ada di sini.

Sekarang sudah ada gazebo indah yang eksotis. Bali Majalengka rupanya bisa disaksikan di sini. Tak perlu jauh-jauh. Karena rasa syukur bisa dinikmati dengan suasana yang lapang dan luas di sekitar kita.

Bagi mereka yang punya kelebihan uang, pergilah, kejar Bali yang sesungguhnya. Tapi bagi yang pas-pasan, dengan ongkos minim saja, datanglah ke Rajagaluh Majalengka. Arah menuju Desa Teja Kecamatan Rajagaluh Majalengka Jawa Barat, sudah ada sawah dengan pemandangana yang menakjubkan Bali Majalengka.

Bawalah serta putra putrimu. Belajar itu tak hanya harus berada di dalam kelas dan ruangan yang sumpek. Belajar di alam terbuka akan lebih bersentuhan langsung dengan empati, keindahan dan kesenangan sekaligus petualangan.

Jangan lupakan juga. Bahwa ada sisi menjaga dan memantau putra putri yang kita ajak, jangan sampai lengah, serta berikan mereka contoh untuk berkomunikasi dengan orang sekitar. Itu lebih baik daripada mengajari mereka dengan teriakan menyuruh dan memerintah.

Memberikan contoh dan melihat langsung serta tauladan yang baik, akan dilihat langsung oleh anak-anak. Jangan salahkan mereka ketika besar kelak, ketika orangtuanya jarang mengajak mereka memberikan edukasi yang baik sejak mereka kecil. Mereka perlu figur nyata.

Masa kecil adalah masa masa keemasan yang harus membutuhkan bimbingan dan sentuhan langsung. Berikan contoh, bukan teriakan suruhan dan larangan ini itu. Anak-anak tidak akan faham dengan teriakan. Yang ada adalah kepanikan. Teriakan itu hanya sesekali saja harus dilakukan jika situasi di luar kendali.

Cara terbaik untuk mengajarkan mereka, adalah dengan mengajaknya bersenang-senang. Berwisata dan bercengkrama.

Rekreasi murah sekalipun, meski hanya sekedar jalan jalan sore, akan tampak membuat anak-anak punya pengalaman. Berikan mereka perhatiannya. Kemewahan Bali bisa dirasakan di sini.

Itu juga merupakan salah satu cara untuk bersyukur. Bersyukur tak harus makan makan besar dengan teman-teman, ajaklah dulu anak-anak dan keluarga untuk melupakan sejenak penat dan keseharian yang membosankan.

Masih banyak waktu untuk mengerjakan hal-hal keuntungan lain. Tapi cobalah untuk mendatangi sawah indah di sekitar kita. Keindahan Bali dapat disaksikan di sini.

Bali Majalengka punya eksotisme yang menyejukkan mata, menenangkan hati, dan meluapkan suara bising pabrik. Juga tugas-tugas yang membosankan dan penuh target-target yang harus diselesaikan. ***

Penulis adalah penyuka bacaan fiksi sains

Comment here