BERITABUDAYAKREATIFTOKOHWorld

Mas Gong Mengajak Pegiat Literasi Majalengka Menuliskan Kisah Inspiratif

duta baca indonesia

Duta Baca Indonesia, Novelis dan Penulis Buku “Gong Smash!” Hadir di Sindanghaji Palasah

MAJALENGKA – macakata.com – Novelis yang kini menjabat sebagai Duta Baca Indonesia menggantikan Najwa Shihab, Gol A Gong hadir di Desa Sindanghaji Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka Jawa Barat, pada Kamis siang, 16 September 2021.

Kunjungan Gol A Gong tersebut merupakan agenda tour ke sejumlah kota di pulau Jawa. Sebagai Duta Baca Indonesia, ia mengajak para pegiat literasi, pengelola Taman Bacaan Masyarakat, ataupun yang aktif di komunitas literasi, untuk menuliskan kisah inspiratif yang ada di sekeliling rumah.

“Alhamdulilllah, saya bisa bersilaturahmi dengan warga Majalengka di desa Sindanghaji ini,” ujar pemilik nama asli Heri Hendrayana Harris, mengawali sesi pertemuan yang berlangsung di balai Desa Sindanghaji.

Buku terbarunya yakni “Gong Smash!” menceritakan tentang dirinya, yang juga ahli bermain olahraga badminton, serta pernah menyandang juara. Novelis buku berseri “Balada si Roy” ini, hingga kini tercatat telah menulis 125 buku.

“Saat ini saya diberi amanah menjadi Duta Baca Indonesia, menggantikan mbak Najwa. Tanpa kita sadari pemerintah mencari orang yang eksis dan bisa bekerja, kebetulan pemerintah saat ini menunjuk saya, mungkin dia melihat aktivitas saya selama bertahun-tahun yang suka turun dan berkegiatan keliling Indonesia,” ujarnya.

Gol A Gong masih mengingat bahwa kunjungannya ke wilayah Majalengka, terutama daerah Sindanghaji merupakan yang ke empat kalinya.

“Saya pernah berkunjung ke Sindanghaji ini, yang ke empat kalinya, kalau dulu selalu singgah di TBM-nya Kang Dodi, sekarang di desa,” ungkapnya.

Mas Gong, juga mengajak editor bukunya, Daniel Mahendra. Ia diberi kesempatan bersua sekaligus mengajak pegiat literasi untuk menuliskan kisah-kisah inspiratif di tingkatan lokal.

“Buku yang ditulis Gol A Gong ini merupakan kisah inspiratif. Banyak kisah inspiratif di sekitar rumah kita, cobalah tuliskan, kirimkan ke kita, jika sesuai kriteria, siap diterbitkan,” ucapnya.

Panitia kegiatan yang juga pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Nurul Huda, yang akan segera melounching Kampung Literasi, Dodi Jaya mengatakan, acara menghadirkan Duta Baca Indonesia ini, adalah dalam rangkaian pre-lounching Kampung Literasi Majalengka.

“Se-Indonesia hanya 30 titik, salah satunya di Sindanghaji Palasah Majalengka ini. Terima kasih kepada Mas Gong yang sudah hadir,” ujarnya.

Dodi menambahkan, untuk lounching Kampung Literasi Majalengka, pihaknya telah mengajukan akan lounching pada akhir Oktober 2021 mendatang.

“Akhir Oktober, Insya Allah akan lounching Kampung Literasi di sini,” ujarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Dinas Pendidikan, juga bunda literasi kecamatan dan para pegiat literasi. (hrd)

Comment here