BERITAEKONOMIPARLEMENWorld

Revitalisasi Pasar Cigasong, Begini Saran dari KNPI Majalengka

Ketua KNPI

MAJALENGKA – macakata.com – Menyoroti soal rencana revitalisasi pasar tradisional Cigasong, DPD KNPI Majalengka memberikan saran dan masukan untuk pemda.

Ketua DPD KNPI Majalengka, Sulthan Sadam menyarankan agar dalam prosesnya ditunda dulu. Alasannya, ada hal yang lebih penting dari revitalisasi pasar, yakni peningkatan ekonomi para pedagang tradisional.

“Karena selama pandemi COVID-19, perekonomian para pedagang di pasar Cigasong sangat terdampak,” ujarnya, Sabtu, 30 Oktober 2021

Sulthan menambahkan omzet atau pemasukan penjualan mereka menurun. Oleh sebab itu,mengenai rencana revitalisasi pasar Cigasog sebaiknya ditunda.

“Pemerintah daerah harus fokus memberikan bantuan kepada para pedagang untuk meningkatkan perekonomian,” jelasnya.

Sulthan mendorong agar revitalisasi Pasar Cigasong tidak diserahkan pada pihak ketiga atau investor. Tetapi harus dapat dilakukan langsung oleh pemerintah melalui sumber pendanaan APBD kabupaten, provinsi maupun pusat.

“Aspirasi ini sebelumnya telah disampaikan oleh para pedagang langsung dan disampaikan juga oleh anggota legislatif. Jadi sebaiknya proses revitalisasi pasar bisa dilakukan langsung oleh pemkab tanpa melibatkan infestor dan mengandalkan sumber ABD Kabupaten, Provinsi dan Pusat,” ungkapnya.

Sulthan menuturkan, KNPI mendapatkan informasi bahwa Surat Perjanjian Kontrak (SPK) belum ada dan tidak ada alasan perusahaan untuk melakukan kegiatan apapun di area Pasar Cigasong.

“Juga tidak ada komunikasi dua arah, antara stakeholder dengan pedagang Cigasong, terkait revitalisasi, baik dari sisi perencanaan ataupun pengeloaan pasar,” ucapnya.

KNPI Majalengka meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka bisa bersikap tegas dalam mengambil kebijakan soal rencana pembangunan pasarCigasong.

Permintaan soal penundaan sudah disampaikan, baik oleh para pedagang maupun legislatif.

“Namun sayang belum ada sikap tegas dari pemerintah daerah. Oleh karena itu, kami minta pemerintah daerah bisa bersikap tegas dalam pembangunan pasar tradisional,” ujarnya.

Sementara itu, rencana revitalisasi pasar Cigasong ini telah santer terdengar.Apalagi, lokasi sementara bilamana pasar Cigasong realisasi direhab, para pedagang telah disiapkan tempat sementara berjualannya, yakni di Eks Pasar Lama. (MC-03)

Comment here