BUDAYAPENDIDIKAN

Ketika Syekh Yusri Rusydi Gabr Al-Hasani Mengunjungi Al Mizan

MAJALENGKA – macakata.com – Syekh Prof. Dr. Yusri Rusydi Gabr Al-Hasani dari Mesir telah berkunjung ke pondok pesantren al-Mizan Jatiwangi Kabupaten Majalengka, pada, Sabtu 25 Februari 2023.

Kunjungan salah satu Syech Al Azhar Mesir yang juga Thoriqoh Yusriyyah Shiddiqiyyah Syadziliyyah Mesir itu disambut langsung oleh Pengasuh Ponpes Al Mizan KH Maman Imanulhaq.

“Sungguh berkah dan kehormatan besar bagi keluarga besar Ponpes Al Mizan Jatiwangi dikunjungi oleh Prof. Dr. Yusri Rusydi yang memiliki pengaruh luas dengan jumlah pengikut yang besar di seluruh dunia,” ucap Kiai Maman.

Banyak pesan yang diberikan Syech Yusri Rusydi khususnya kepada para guru dan santri Al Mizan dalam sebuah majelis yang digelar di kediaman Kiai Maman. Kata Syech Yusri, pekerjaan mengajar di zaman seperti sekarang ini adalah tugas yang sangat agung, ganjarannya pun punya derajat yang agung yakni sebuah kemuliaan tiada tara.

“Seorang guru mengajarkan ilmu agamanya yaitu dengan niatan memberikan nasehat, yang mana kata baginda Nabi Muhammad SAW agama adalah nasehat, di antara bentuk nasehat itu adalah memberikan nasehat kepada murid-murid kita,” begitu pesan Syech Yusri.

Pesan lain yang disampaikan Syech Yusri yakni memberikan anjuran kepada para santri Al Mizan untuk selalu menjaga keluhuran akhlak. Guru Besar Ahli Bedah itu mengingatkan kembali jangan sampai manusia terjerumus mengikuti fitnah dajjal yakni ketika orang ingin memenuhi hasratnya itu dengan tak lagi peduli halal haramnya.

Di dalam Islam, imbuh Syech Yusri, tidak melarang apabila umatnya ingin menjadi orang kaya. Akan tetapi apabila umat Islam ingin menjadi orang kaya maka cara mengumpulkan harta harus sesuai dengan syariat. Juga ketika manusia ingin memuaskan syahwatnya harus disalurkan dengan cara menikah, bukan dengan cara yang lain.

“Di antara ciri orang beriman adalah orang yang senantiasa menjaga auratnya, menjaga untuk tidak melakukan sesuatu perzinahan,” katanya.

Syech Yusri meminta para santri Al Mizan agar senantiasa menggunakan waktu yang kita miliki dengan sebaik baiknya karena pada hakekatnya waktu adalah hal yg paling berharga yang dimiliki, jangan sampai waktu banyak disia-siakan untuk aktivitas yang tidak bermanfaat. Syech Yusri pun menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW dalam waktu yang sangat singkat mampu mengubah dunia, hal itu tentunya karena Baginda Nabi Muhammad SAW tidak pernah menyia-nyiakan waktunya.

Untuk diketahui, selain dikenal sebagai seorang ulama, Mursyid Tarekat Syadziliyyah di Mesir ini juga dikenal sebagai seorang dokter yang setiap hari melayani orang-orang sakit, bukan hanya duduk bertapa dalam masjid. Bahkan beliau bukan hanya dokter biasa namun seorang Guru Besar Ahli Bedah. Rumahnya terbilang mewah, harta melimpah, tapi dalam saat yang sama, beliau juga sufi yang tekun dalam beribadah.

Syekh Yusri Rusydi Jabr al-Hasani memiliki nasab yang sangat mulia. Jika dirunut, nasab beliau akan sampai pada Hasan bin Ali, cucu Rasulullah SAW. Beliau berakidah Sunni mazhab Asy`ari dan dalam fikih bermazhab Syafi`i. ****

Comment here