BERITA

DEEP Majalengka Rangkul Pemilih Pemula, Edukasi Politik Ditanamkan Sejak Dini

MAJALENGKA – ┬ámacakata.com – Democracy And Electoral Empowerment Partnership Kabupaten Majalengka kembali melaksanakan kegiatan Sekolah Demokrasi dan Kepemiluan Jilid 2.

Dalam kegiatan Sekolah Demokrasi dan Kepemiluan (Solusi) jilid 2, DEEP Kabupaten Majalengka lebih menekankan pada pendidikan politik bagi pemilih pemula dengan mengambil tema “Menuju Pemilih Cerdas 2024.”

Hal itu disampaikan oleh Ketua Divisi pengembangan sumber daya DEEP Kabupaten Majalengka, Teten Mahendra. Ia menjelaskan bahwa Solusi telah dilaksanakan sebanyak dua kali dengan pembahasan materi dan tujuan yang berbeda dibanding solusi jilid pertama.

“ini yang kedua kalinya DEEP Majalengka melaksanakan Solusi,” ujar Teten Mahendra dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 06 Juni 2023.

Teten menambahkan bahwa dengan adanya kegiatan solusi diharapkan deep dapat melakukan pemantauan pemilu 2024 nanti berjalan secara maksimal berkerjasama dengan berbagai stakeholder.

“Tentu kedepan pemantauan pemilu 2024 ini harus maksimal, dengan sumberdaya yang kita miliki, sehingga dapat menghasilkan pemilu yang berkualitas,” ucapnya.

Guna menunjang hal tersebut, DEEP Majalengka mempersiapkan kaum millenial untuk melek politik serta dapat terlibat secara langsung dalam mengawal proses tahapan pemilu 2024 baik legislatif, Presiden dan juga Pilkada serentak.

“Sehingga tidak hanya pemaparan materi terkait pengawasan dan pelaksanaan teknis soal pemilu, kita juga memberikan praktek tentang sistem pencoblosan pada pemilu 2024 mendatang bagi kaum millenial,” tegasnya.

Keterlibatan kaum millenial diharapkan mampu memberikan kontribusi nyata bagi keberlangsungan jalannya demokrasi yang dapat menghasilkan kepemimpinan Republik Indonesia kedepan lebih baik lagi.

“Teori dan praktek kita berikan secara mendalam bagi para kaum millenial, sehingga mampu bersinergi antara lembaga pemantau pemilu dengan penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu,” tandasnya.

Kegiatan Solusi jilid 2 sendiri berlangsung ada hari Minggu (04/06/2023) dengan narasumber Ketua KPU Majalengka Agus Syuhada, MHI serta Komisioner Bawaslu Majalengka Alan Barok Ulumuddin, MPd. ****

Comment here