EKONOMI

Pasar UKM Masih Menjanjikan

MAJALENGKA – macakata.com – Produk-produk yang dihasilkan oleh industri Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Majalengka masih menjanjikan dari sisi pemasaran.  Hal itu didukung oleh oleh data tahun 2018 lalu, hanya mencapai 6 persen. Sementara pemasarannya kini terlihat menggeliat dengan kehadiran jaringan internet.

Sekretaris Dinas UKM Kabupaten Majalengka, Abdul Goni mengatakan persentase usaha mikro di kota angin mencapai 92 persen. Sisanya yakni Usaha Kecil menempati 6 persen dan usaha menengah hanya 2 persen. Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten berkewajiban terus melakukan pembinaan dan evaluasi kepada para pelakunya.

“Pasarnya masih menjanjikan. Apalagi di Majalengka sekarang ini sudah ada bandara. Ditambah, tahun depan kemungkinan Tol Cisumdawu makin meramaikan ekonomi Majalengka,” ujarnya, saat menjadi narasumber pembinaan Bumdes dan UKM di gedung Kokardan, Kamis 5 Desember 2019.

Abdul Goni menambahkan oleh karenanya, pemerintah sangat mendukung tentang berkembangnya usaha-usaha kecil menengah di Kabupaten Majalengka. Ia memperkirakan ribuan pendatang akan hadir di kota angin untuk mencari peruntungan.

“Sebagai warga Majalengka akan lebih baik jika kita memanfaatkan dengan produk-produk unggulan. Tak menutup kemungkinan, usaha-usaha kecil yang pandai menangkap peluang akan menjadi besar,” ungkapnya.

‚ÄéTerpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)  Kabupaten Majalengka, Umar Ma’ruf mengatakan salah satu cara untuk meningkatkan potensi yang ada di desa dan kelurahan adalah dengan memanfaatkan Bumdes. Hanya saja Bumdes ini harus bersinergi dengan UKM yang ada di desa itu.

“Sinergitas antara Bumdes dan UKM akan bisa saling menguntungkan. Simbiosis mutualisme di sini sah-sah saja, karena demi kemajuan wilayah,” ungkapnya.

Umar menambahkan sejauh ini, Bumdes yang ada baru sebagian yang menampakkan keaktifannya. Oleh karenanya, pihaknya meminta supaya Bumdes tetap terus berkreasi untuk memasarkan produk-produk lokal unggulan di desanya masing-masing.

“Karena manfaatnya itu akan berdampak pada kesejahteraan ekonomi masyarakat.” ungkapnya. ( Acil)

Comment here