BERITA

Tiga Pencuri Ditembak, Polisi Majalengka Juga Tangkap Penadah Motor

Proses Penangkapan Lima Pelaku Ini Makan Waktu 8 Jam. Terjadi di Sejumlah TKP di Tiga Kabupaten

MAJALENGKA – macakata.com – Dua orang dari lima orang pelaku itu adalah residivis. Mereka mencuri dengan cekatan. Proses mencuri dilakukan dengan cara merusak kunci kontak motor, menggunakan kunci palsu letter T.

Hitungan menit, motor yang terparkir itu telah berhasil dibawa kabur. Demikian ungkapan tiga orang dari lima pelaku pencurian motor, yang kakinya ditembak di bagian betis sebelah kanan.

Barang bukti yang berhasil dikumpulkan, yakni satu unit sepeda motor Yamaha Mio Soul, Nopol : E 2272 WG, warna Hitam, tahun 2010. Satu unit sepeda motor Yamaha Mio Soul JT tanpa nopol, warna hitam. Satu unit sepeda motor Yamaha Mio Smile tanpa nopol. warna hitam biru. Satu unit sepeda motor Honda Beat tanpa nopol, warna merah. Satu unit sepeda motor Honda Beat tanpa nopol, warna orange.

Kapolres Majalengka, AKBP. Bismo Teguh Prakoso mengatakan ‎kronologis bermula, ‎pada hari Jumat, tanggal 29 Mei 2020 diketahui jam 19.30 WIB, di pinggir warung tepatnya Blok Jumat Rt. 011 Rw. 006 Desa/Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka, satu unit sepeda motor Yamaha Mio Soul, Nopol : E 2272 WG hilang dicuri orang.

Waktu itu, pemilik motor, menyuruh karyawannya, Asep Rosadi memasukan satu unit sepeda motor Yamaha Mio Soul, Nopol : E 2272 WG ke dalam garasi rumah, akan tetapi sepeda motor tersebut tidak ada di tempatnya.

Dari hasil penyelidikan didapatkan informasi, ada orang yang akan menjual sepeda motor yang ciri-cirinya sesuai dengan yang dilaporkan telah hilang tersebut, kemudian ditindaklanjuti  pada hari Senin tanggal 01 Juni 2020 sekitar pukul 15.00 WIB, telah diamankan seorang terduga pelaku pencurian berisinial  PG di pinggir Jalan Pasar Keramat tepatnya di Desa Dukupuntang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon, berikut satu unit sepeda motor Yamaha Mio Soul.

Setelah dilakukan interogasi terhadap pelaku tersebut, ternyata benar pelaku mengakui perbuatannya. Ia melakukan perbuatan tersebut bersama rekannya dan telah menjual barang hasil curiannya kepada seorang penadah berinisial ADS.

Penadah ini membuka bengkel di daerah Desa Dukupuntang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Selanjutnya tim melakukan penangkapan terhadap ADS sekitar pukul 15.30 WIB hari itu juga.

Kemudian tim melakukan pengembangan terhadap rekan pelaku lainnya yaitu tersangka DN Alias IYN yang diamankan sekira jam 18.00 WIB, di Alun – alun Leuwimunding, tepatnya di dekat Kantor Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka dan didapat barang bukti Kunci “T”. Tersangka CSM Alias ACM yang diamankan sekira jam 23.00 WIB di Kecamatan Dukupuntang Cirebon.

Barang bukti yang berhasil diamankan total 5 unit sepeda motor dengan rincian, 3 unit sepeda motor mio, 2 unit sepeda motor beat. Dari ke-4 tersangka tersebut, dua tersangka diantaranya adalah residivis. Dalam proses pengembangan perkara dua orang tersangka atas orang berinisial PG dan DN berusaha melarikan diri, sehingga petugas polisi menembak kaki kanan pelaku. Kemudian, tim petugas membawa pelaku dan barang bukti ke Kantor Sat Reskrim Polres Majalengka, untuk selanjutnya dilakukan proses penyidikan lebih lanjut.

Berdasarkan hasil pengembangan, ternyata para pelaku juga melakukan tindak pidana pencurian sepeda motor di berbagai lokasi, antara lain :
1. TKP di wilayah hukum polsek Sukahaji, tersangka melakukan pencurian satu unit Yamaha Mio Soul warna Hitam, dijual kepada penadah.
2. TKP di wilayah hukum polsek Majalengka Kota, tersangka melakukan pencurian satu unit Honda Beat warna hitam,telah dijual kepada penadah.
3. TKP di wilayah hukum Polsek Jatiwangi, tersangka melakukan pencurian satu unit Honda Supra Fit warna Hitam, dijual kepada penadah.
4. TKP di wilayah hukum Polsek Jatiwangi, tersangka melakukan pencurian satu unit Honda Revo warna Hitam, telah dijual melalui COD di facebook.
5. TKP di wilayah hukum Polsek Majalengka Kota, tersangka melakukan pencurian satu unit Honda Beat warna Hitam, dibawa oleh orang bernama Rio yang saat ini berstatus dpo.
6. TKP di Kabupaten Kuningan, tersangka melakukan pencurian satu unit Honda Beat warna Hitam, dijual melalui COD.

“Kami bergerak setelah mendapatkan informasi. Ternyata, antara orang yang akan menjual sepeda motor hasil curian, dengan ciri-ciri motornya sama dengan orang yang melaporkan kehilangan motor,” ujarnya.

Kapolres didampingi Kasat Reskrim AKP M.Wafdan Muttaqin menambahkan saat ditindaklanjut Sat Reskrim Polres Majalengka berhasil menangkap orang berinisial PG, salah satu pentolan pencuri sepeda motor tersebut. Pelaku mengakui barang yang ia jual kepada salah satu pemilik bengkel adalah barang hasil curian yang dilakukan oleh tiga temannya.

Hasil dari keterangan pelaku, mencuri motor tersebut dari salah satu warga Majalengka asal desa Sukahaji. Pihaknya hanya butuh waktu delapan jam untuk menangkap lima orang pencuri. Mereka itu yakni PG, DN, ADS, FG dan Penadah ACM berhasil dibekuk dari berbagai tempat.

“Pelaku dikenakan pasal 363 KUHPidana. Ancaman hukuman 7 tahun kurungan penjara,” tandasnya. ( MC-02)

Comment here