BERITABISNISEKONOMI

Kadin Usulkan Aura Kharisma Jadi Duta Promosi Produk Majalengka

Kadin Indonesia Jawa Barat mencatat untuk wilayah Majalengka belum ada produk lokal yang punya hak paten

MAJALENGKA – MACAKATA.COM – Majalengka dinilai paling potensial dari sisi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

SDA yang dimaksud yakni Panyaweuyan, Curug, serta seribu potensi lainnya yang bernuansa alam. Sementara dari sisi SDM, banyak orang yang berasal dari wilayah Majalengka, seperti Aura Kharisma modelling kelas dunai, pengusaha bola yang ekspornya ke berbagai negara, pengusaha rotan yang ekspornya terbesar se-Asia Tenggara.

Baik SDA maupun SDM, semuanya sama-sama berjalan seiringan dan menjadi nilai plus untuk nama baik Majalengka di kancah nasional maupun dunia.

Sehingga, kepengurusan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Jawa Barat yang telah melantik kepengurusan di Kabupaten Majalengka pada Minggu siang, 11 April 2021 di Hotel Fitra, Kadin harus betul-betul dapat mengangkat potensi-potensi itu. Mengingat akan potensi alam dan orang hebat ada di Majalengka.

“Kami dari Jawa Barat mendorong Kadin Indonesia Majalengka dan pemda untuk mendaftarkan indikasi geografisnya. Selama ini, Majalengka, kami menilai indikasi geografis Majalengka belum ada yang didaftarkan. Padahal, ada poduk Serehwangi yang digagas Dandim, ada produk lainnya juga. Jangan sampai nanti di masa depan justru diklaim oleh wilayah lain. Garut punya akar wangi, Majalengka harus mematenkan produk-produk UMKM-nya,” ungkap Ketua Kadin Indonesia Jawa Barat, Tubagus Raditya, saat diwawancara puluhan jurnalis.

Tubagus Raditya mengatakan pihaknya akan fokus pada pengembangan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM), pihaknya menyarankan agar Kadin Indonesia Majalengka tidak lagi fokus pada jasa dan konstruksi saja.

“Kita ingin fokus pada memajukan potensi UMKM di daerah-daerah, khususnya Jawa Barat,” ungkapnya.

Tubagus Raditya telah banyak membaca tentang potensi Majalengka, diantaranya, ada potensi SDM yang ditorehkan prestasinya oleh nama Aura Kharisma. Aura adalah modelling kelas dunia. Sehingga pihaknya berpikir, produk lokal UMKM asal Majalengka itu harus punya duta promosi. Kalau perlu Aura Kharisma didorong untuk menjadi duta promosi produk lokal Majalengka, jangan sampai nanti malah keduluan diambil/dikontrak oleh wilayah lain.

“Produknya dari Majalengka, duta promosinya juga dari Majalengka, itu keren banget,” ungkapnya.

Menanggapi dengan adanya Kadin versi tetangga, Tubagus Raditya menjawab bahwa soal itu, pihaknya menjamin tidak ada persoalan apapun. Mengingat di negara-negara lain, seperti Malaysia, Thailand dan beberapa negara Asia, juga punya kepengurusan Kadin yang berbeda, yang lebih dari tiga Kamar Dagang dan Industri.

“Tak ada masalah, kita terdaftar. Kadin yang lain juga terdaftar, intinya mari sama-sama memajukan potensi daerah melalui produk-produk lokal. Lebih banyak Kadin itu malah lebih bagus,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Indonesia Kabupaten Majalengka Redi Sugara mengatakan pihaknya akan konsen untuk memaksimalkan potensi UMKM di Majalengka. Sebagai contoh, saat ini pihaknya tengah mendorong kerajinan batik tenun khas Desa Nunuk Kecamatan Maja.

“Kami di Majalengka juga sepakat, siap memajukan UMKM dan produk lokal Majalengka, itu pekerjaan rumah bagi saya dan para pengurus Kadin,” tandasnya. ( MC – 03)

Comment here