BERITATravel

Maksa Masuki Majalengka, Puluhan Mobil Pemudik Diputar Balik

MAJALENGKA – macakata.com – Meski telah dilarang, animo masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya masih terlihat.

Para pemudik, seolah lupa dengan adanya larangan mudik tersebut. Sehingga, ketika berhadapan dengan sejumlah petugas di pos penyekatan, puluhan mobil pemudik berletter luar Majalengka, langsung diputar balik.

Larangan mudik telah diberlakukan pemerintah pusat sejak 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021.

Para petugas di sejumlah pos penyekatan terus melakukan penyekatan dan memerintahkan untuk memutar balik kendaraannya.

Di wilayah pos penyekatan Kadipaten Majalengka Jawa Barat, contohnya, Kapolsek Kadipaten AKP Dadang Supriadi bersama puluhan petugas tim gabungan memeriksa mobil-mobil dan motor yang terus berdatangan.

“Puluhan kendaraan pemudik kami periksa, yang tak membawa dokumen surat antigen dan lain sebagainya, mereka diputar balik,” ungkapnya.

Kapolsek menambahkan Posko penyekatan Kadipaten di Jalan raya Kadipaten-Bandung terus melakukan pemeriksaan kendaraan pemudik.

“Mayoritas kendaraan yang diputarbalikkan adalah pemudik dari luar Majalengka,” ungkapnya.

Kapolsek menambahkan semua kendaraan yang bernomor polisi luar Majalengka, yang datang dari arah Bandung semuanya diputar balikkan.

“Yang diputar balik adalah para pemudik dan tidak melengkapi persyaratan sesuai ketentuan pemerintah,” katanya.

Petugas di Pos Penyekatan, lanjut Kapolsek, mengecualikan kendaraan pemudik yang punya dan menunjukkan surat tugas dan hasil swab PCR.

“Namun, mayoritas pengendara tak bisa menunjukkan surat tugas dan hasil swab PCR, sehingga diputar balik,“ ujarnya.

Sementara itu di wilayah Kertajati, Waka Polres Majalengka Kompol Sumari didampingi Kasat Lantas AKP Lucki Martono, bersama Kapolsek Kertajati AKP Yayat Hidayat terlihat melaksanakan pengecekan pos penyekatan.

Kendaraan yang berletter luar Majalengka agar ditindak diputar balik, jika tak menunjukkan surat atau dokumen sebagai dasar pengecualian larangan mudik.

Waka Polres Majalengka melaksanakan pengecekan di tiga pos yaitu pos penyekatan gate tol Kertajati, pos pelayanan rest area 166 dan pos penyekatan gate tol Sumberjaya, pada Ahad, 9 Mei 2021.

Waka Polres berpesan agar anggota yang berjaga tetap semangat, patuhi protokol kesehatan, jaga kondisi tubuh agar tetap sehat, dan melaksanakan pengamanan sesuai dengan SOP yang telah disampaikan.

“Penyekatan telah berlaku dari tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang,” tandasnya. ( hrd)

Comment here