OPINITravelWISATA

Wisata Niagara di Curug Muara Jaya

Oleh : Shelby AR

MACAKATA.COM– Airnya dingin seperti air yang disimpan dalam lemari es. Derasnya sungai Muara Jaya seperti air terjun Niagara di negara itu.

Aku juga belum pernah ke Niagara, menginjak langsung tanah itu dari jarak dekat. Tapi kabar baiknya, kecanggihan teknologi memperlihatkan banyak foto dan video, tentang air terjun Niagara itu.

Nah, Curug Muara Jaya, atau dikenal pula dengan Curug Apuy, karena memang berada di Blok Apuy Desa Argamukti Kecamatan Argalingga Kabupaten Majalengka Jawa Barat.

Banyak yang bilang, perjuangan untuk sampai berada dua meter di dekat Curug Muara Jaya ini banyak rintangan. Ada ratusan anak tangga yang harus dilalui. Harus turun ke bawah. Pulangnya, tak ada jalan lain, harus nanjak seperti pendaki.

Tapi tidak sebanyak tangga seperti yang ada di wisata Gunung Galunggung. Paling hanya seperempatnya.

Memang sih, bagi pemilik usia 30 tahun ke atas, akan membuat kesulitan. Tuur, kaki akan terasa sangat melelahkan. Idealnya memang bagi anak-anak muda.

Hanya saja, ada mitos bahwa jangan pacaran jika berada di Curug Muara Jaya sini. Konon jika membawa pacar, justru malah putus. Tapi kabar baiknya itu cuma mitos. Mitos tak berlaku bagi suami istri. Oleh karenanya segeralah menikah bagi yang sudah usia 25 tahun, hehe.

Curug Muara Jaya Majalengka

Curug Muara Jaya atau Curug Apuy atau Curug Niagara Majalengka, atau, ah…terserah kalian saja mau menyebutnya apa, yang jelas apapun nama curugnya. Lokasi Curug Apuy ini berada tepat di wilayah Terasering Panyaweuyan.

Panyaweuyan, kita tau, wisata paling indah di dunia. Setidaknya menurutku. Kau tak percaya? Datanglah sendiri, kau pun akan ternganga melihat keindahan Panyaweuyan dari jarak dekat. Jangan hanya melihat dari kamera. Foto dari ponsel sudah banyak rekayasa editan.

Kembali ke soal Curug Muara Jaya, Curug Apuy, Curug Niagara Majalengka ini juga sangat asyik ketika dalam perjalanannya.

Harus melewati dua belokan tajam. Yakni Belokan ke kiri dan belokan ke kanan. Juga Curam. Seperti di film-film. Seperti adegan film Fast and Fourius, itu yang sekarang lagi ramai diputar di bioskop.

Namun, kabar baiknya, sekarang jalannya sudah beraspal hotmix. Dibandingkan enam tahun lalu, jalannya banyak kerikil batu seukuaran kepalan tangan orang dewasa.

Yang menarik dari Curug Muara Jaya, Curug Apuy atau Curug Niagara Majalengka ini, juga ada lahan untuk kemping. Saya pernah bersama teman-teman kemah atau kemping di dekat curug. Uiih, dingginnya Bro/Sis….seperti ketika kemping di Puncak Ciremai. Jangan ragukan saya tentang kemping, akupun pelaku, hehe.

So, jangan hanya duduk melihat keindahan alam depan laptop atau ponsel. Datanglah sesekali. Kembali ke alam dan berpetualangan. ***

Penulis adalah penyuka travelling

Comment here