BERITANewsWorld

Dua Bulan Realisasikan 6 Program

yosa

Desa Kawunghilir “Ramah”

MAJALENGKA – macakata.com – Enam program yang disebut sebelum pilkades Kawunghilir, kini dapat direalisasikan hanya dalam waktu dua bulan saja.

Terhitung sejak Kepala Desa Kawunghilir Hj. Yosa Novita dilantik pada Juli 2021 lalu, enam program itu yakni pembuatan gapura desa, kursus bahasa Inggris dan komputer untuk anak-anak Kawunghilir, membuat tungku pembakaran sampah, adanya mobil ambulance, simpan pinjam tanpa bunga, juga mensejahterakkan guru ngaji dan ketua RT/RW dari penghasilan kepala desa.

Kepala Desa Kawunghilir, Hj Yosa Novita mengatakan program tersebut sebagai upaya dirinya, melaksanakan tanggungjawab pribadi sekaligus tanggung jawab seorang pemimpin.

Acara syukuran tersebut berlangsung di sekitar rumahnya, dengan mengadakan pengobatan gratis dari tenaga medis RS Seto Hasbadi Bekasi.

“Saya senang karena dapat merealisasikan janji dan ucapan saya. Terutama untuk anak-anak yang mengikuti kursus bahasa Inggris dan komputer, mereka bisa belajar untuk masa depan yang lebih baik,” ujarnya, Senin, 27 September 2021.

Kepala Desa Kawunghilir Hj. Yosa Novita mengatakan, pihaknya mengadakan acara syukuran, karena telah menyelesaikan pembangunan gapura desa sebesar Rp55 juta dari uang pribadinya. Dia pun bersyukur telah  membangun tungku pembakaran sampah dengan dana sebesar Rp35 juta.

“Itupun sama dari uang pribadi. Saya pun bersyukur mobil ambulance kini suah ada, itu semua untuk masyarakat,” ungkapnya.

Gaji Kepala desa, lanjutnya, uangnya telah dibagikan kepada para Ketua Rt/ RW  di Desa Kawunghilir. Ditambahkannya, untuk siltap kepala desa selain untuk RT/ RW, guru madrasah, guru kober, juga anak yatim dan jompo yang akan diberikan rutin setiap bulan. Sedangkan hasil panen tanah bengkok kades, belum bisa dibagikan kepada masyarakat karena belum panen.

“Kami mengajak semua warga untuk bersatu  membangun Desa Kawunghilir menjadi Desa Ramah, religius, amanah, aman dan harmonis,“ ucapnya.

Sementara itu, Camat Cigasong, Doni Fardiansyah mengatakan program kerja yang telah direalisasikan di Desa Kawunghilir patut menjadi contoh bagi desa lainnya. Pihaknya mengajak warga untuk  bersatu membangun  desa dan mendukung pemerintahan Desa Kawunghilir.

“Desa Kawunghilir bisa menjadi desa percontohan dan lebih maju lagi,” ujarnya. (hrd)

Comment here