EKONOMIPENDIDIKAN

78 Miliar untuk PPPK Guru

MAJALENGKA – MacaKata.Com – Gelanggang Generasi Muda (GGM) Majalengka jadi saksi bisu.

Hampir seribu dua ratus orang menerima Surat Keputusan (SK) dari Bupati Majalengka.

Tepatnya, 1.197 guru tenaga PPPK formasi 2021 dinyatakan berhak menerima SK itu. Mereka telah lulus seleksi kompetensi maupun administrasi, serta dinyatakan memenuhi syarat verifikasi.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Majalengka, Maman Fathurochman mengatakan, PPPK guru formasi 2021 di lingkungan Pemkab Majalengka ini berdasarkan Keputusan Bupati Majalengka Nomor KP.06.08/KEP.270-BKPSDM/2022 tanggal 7 April 2022 tentang pengangkatan PPPK tahap ke satu formasi tahun 2021dilingkungan Pemkab Majalengka.

‎PPPK sendiri merupakan kepanjangan dari kata pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Nama lain dari honorer yang diangkat.

Pengangkatan PPPK tahap 1 formasi 2021 di lingkungan Pemkab Majalengka telah sesuai dengan keputusan Menteri PAN-RB No.790 tahun 2021.

“Majalengka memperoleh kuota formasi PPPK guru sebanyak 3.557,” ungkapnya.

Pemkab Majalengka telah melaksanakan serangkaian tes PPPK tahap satu yang tersebar di 5 tempat/sekolah dan diikuti oleh 3.516 peserta.

“Dari jumlah tersebut yang lolos tes seleksi dengan metode CAT sebanyak 1.198 orang, dari 1.198 yang lolos, satu orang tidak dilanjutkan prosesnya karena mengundurkan diri,” ucapnya.

Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengatakan, perjuangan untuk menjadi PPPK ini cukup lama dan melelahkan. Pemkab Majalengka telah menganggarkan 78 miliar untuk menggaji PPPK.

“Dana gaji untuk PPPK yakni Rp78 miliar. Akan segera dibayarkan pada bulan Juni mendatang,”ucapnya.

Bupati mengingatkan kepada para PPPK yang telah dilantik untuk berkarya.

Status namanya memang Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja atau PPPK, telah menjadi bagian dari keluarga besar ASN.

“PPPK diharapkan memiliki pola pikir seperti ASN, yang bekerja secara profesional, harus mampu beradaptasi dengan segala peraturan yang mengikat sebagai ASN PPPK,” ucap Bupati Majalengka. (MC-06)

Comment here