BERITABUDAYAEntertainmentKREATIFTravel

Kambing Cantik Catwalk Jadi Model

MAJALENGKA – MacaKata.com – Apa jadinya ketika Kambing Cantik jadi model di Catwalk? Itulah yang terjadi di Kampung Kaputren Desa Putridalem Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Tercatat ada 50 kambing mengikuti festival “Ngarit Award 2022” Ngarit bertujuan untuk Ngamumule Budaya Ingon-ingon atau hewan ternak di sebuah kampung.

Dalam bahasa Sunda, ngarit adalah aktivitas mencari rumput untuk pakan ternak. Nah, pada ajang Ngarit Award ini, ditampilkan Catwalk Kambing. Kambing Cantiknya yang jadi model.

Ketua Panitia “Ngarit Award 2022”, Amien Halimi mengatakan kegiatan ini bertujuan mengenalkan kambing cantik dari Dusun Kaputren Desa Putridalem Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka.

Layaknya model perempuan, ‎selain penampilan fisik dan kecantikan kambing, dewan juri juga menilai dan memeriksa kesehatan dan ketangkasan kambing.

“Ini merupakan wujud konsistensi kami mengenakan budaya lokal. Kambing Cantik Catwalk ini hanya ada di Kaputren, dalam rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Majalengka untuk memberikan hiburan tontonan alternatif seni dan budaya. Selain itu, ini juga merupakan ajang promosi Kambing untuk dipasarkan pada Idul Aha mendatang,” ujarnya, Minggu, 12 Juni 2022.

Amin menambahkan, acara Ngarit Award ini telah dilakukan yang ketiga kalinya. Tujuannya mengenalkan seni dan keunikan Kambing Cantik Kaputren Jatitujuh Majalengka, sekaligus sebagai ajang promosi.

“Acara ini mampu mengundang banyak perhatian masyarakat, dapat menjadi alternatif mengenalkan keunggulan Kambing di daerahnya kepada masyarakat Majalengka,” ujarnya.

Kepala Desa Putridalem Kecamatan Jatitujuh, Endah Hendrawati  berharap, kegiatan “Ngarit Award 2022” dapat mengundang wisatawan untuk berkunjung ke Putridalem  khususnya ke kampung Kaputren yang kaya akan adat dan kebudayaan.

Endah berharap kegiatan tersebut dapat menarik para pembeli hewan kurban untuk datang, sehingga bisa memberdayakan kreativitas, yang dampaknya dapat mendorong perekonomian masyarakat.

“Kami berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar bagi Kabupaten Majalengka khususnya desa Putridalem untuk lebih maju dan berkembang,” ujarnya.

Kegiatan tersebut digelar dengan satu per satu Kambing Cantik tampil berjalan di atas panggung bersama pemiliknya dengan beragam pakaian.  Kambing Cantik yang tampil di Catwalk itu dinilai oleh tim juri dengan kategori penilaian keunikan pakaian, keselarasan dan ketegakan badan saat gerak berjalan serta kesehatan fisik domba.‎ Hanya ada di Majalengka. (MC-06)

Comment here