BERITAGadgetsTechnology

Bertransformasi ke Digital, Baznas Majalengka Menyatu dengan Perkembangan Zaman

MAJALENGKA – MacaKata.com – Penerimaan Zakat, Infaq dan Sodaqoh (ZIS) di masa sekarang, tak hanya melalui pembayaran tunai. Namun bisa melalui aplikasi digital online, yang saat ini mudah didapatkan dalam aplikasi ponsel cerdas.

Era digital saat ini menuntut semua lembaga ataupun perusahaan juga pemerintahan, bertransformasi ke digital. Termasuk, salah satunya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Kini mulai banyak berkolaborasi dengan platform digital. Hal itu semua untuk mendukung perkembangan digitalisasi di masa depan, yang saat ini sudah mulai dirasakan.

Oleh karenanya, Baznas Majalengka terus melakukan upaya sosialisasi, inovasi, disamping terus eksis menyalurkan berbagai bantuan untuk masyarakat yang sangat membutuhkan.

Ketua Baznas Majalengka, H. Agus Yadi Ismail mengatakan pihaknya bersama tim dari Baznas Majalengka terus menyalurkan berbagai macam bantuan, baik itu rutilahu, membantu pelajar atau mahasiswa yang kurang mampu dalam hal pembiayaan. Juga bantuan-bantuan lainnya yang bersifat mendesak dan dibutuhkan oleh umat.

“Sementara untuk penerimaan zakat saat ini, kita pun sudah bertransformasi dan mengikuti perkembangan teknologi. Seperti QRIS untuk ZIS. Disamping itu kita pun sering menyalurkan berbagai macam bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu, bukan hanya rutilahu saja,” ungkapnya, Kamis, 23 Juni 2022.

Sementara itu, Wakil Ketua IV Baznas Jawa Barat‎, Achmad Faisal, yang memang hadir dalam acara workshop fundrising peningkatan kapasitas pengumpul zakat, infaq dan sodaqoh, menyambut baik kolaborasi dan inovasi digital yang telah dan akan dilakukan oleh Baznas.

“Digitalisasi fundrising diperlukan. Era digital saat ini menuntut kita semua butuh penyesuaian diri agar tetap eksistensi dan menjalankan amanah,” ungkapnya.

Achmad menambahkan, selain itu pihak Baznas telah berkolaborasi dengan lebih dari 80 mitra platform digital, seperti adanya fasilitas payment gteway, crowdfunding, e-commerce, QRIA untuk ZIS, teknologi Chatbot, Augmented Reality dan masih banyak ‎lagi.

“Itu semua untuk memudahkan dan mengoptimalisasi kinerja Baznas,” ungkapnya.

Terpisah, Bupati Majalengka H. Karna Sobahi menyambut baik langkah inovasi yang telah dilakukan Baznas Majalengka maupun Baznas Jawa Barat.

“Digitalisasi teknologi saat ini akan terus berkembang di masa depan. Oleh karenanya, Baznas berinovasi mengikuti perkembangan yang ada,” ungkapnya. ( MC-04/Rich)

Comment here