OPINITravel

Anggarannya Miliaran

Oleh: Ryan Openheart

MACAKATA.COM – Selesai awal tahun 2021 lalu, lahan parkir yang cukup luas ini masih lengang.

Fungsinya mirip gada-gada perbatasan. Mirip globe Munjul. Mirip tugu 0,370 KM. Mirip Tuga Kecap di Tonjong, fungsinya hanya sebatas untuk dilihat dan dipandang.

Mengutip dari lansiran berita yang ditulis Tribun 25 Desember 2020, anggaran pembangunan tempat atau lahan parkir ini menghabiskan bukan ratusan juta, bukan lima ratus juta, tapi Rp 2,4 miliar.

Dana yang cukup besar dan bisa membangun 50 rumah ukuran tipe 36. Bisa lebih bisa kurang, tergantung kualitas pembangunan, hehe. Ini bahas tempat parkir apa rumah sih? Hehe.

Kembali ke tempat atau lahan parkir yang nilai anggarannya dua koma empat miliar itu. Lahan parkir ini sejak awal pembangunannya telah terus dipantau oleh anggota dewan yang terhormat. Tentu saja, letak posisinya berada persis di belakang tempat mereka ngantor.

Satu garis lurus dengan jarak pendopo kurang dari 500 meter. Tapi lahan parkir ini kalah ramai oleh halaman rumah di sebelah selatan masjid Al-Imam. Pengunjung Alun-alun Majalengka sebagian parkir di sana. Sebagian parkir di depannya.

Lahan parkir yang sengaja dibuat ini, nyaris tak ada kendaraan yang ‎terparkir di sana. Ini persis sama dengan bangunan toilet umum, yang tersebar di sejumlah kecamatan dan desa, bangunan itu pun kini terbengkalai. Mirip lukisan yang sudah lapuk. Berfungsi hanya untuk dilihat dan dipandang.

‎Padahal lahan parkir ini terlihat asyik lho. Serius. Paving blok nuansa merah maroon, jadinya bisa digunakan untuk main layangan. Aman, nyaman, sejuk jika tak panas.

Bebas paku dan hal-hal tajam kecil lainnya. Anak-anak berharap, lahan parkir itu bisa terus digunakan untuk main layanan. Atau main sapedaan. Atau main skateboard. Atau main petak umpet. Juga dadaluan. Dan permainan tradisional lain.

Lahan parkir tak berfungsi ini berfungsi untuk lain hal. Sama persis dengan skill seseorang di bidang A, tapi ditempatkan menjabat bidang C. Keahliannya dan kompetensinya itu tak bisa dimanfaatkan. ***

Comment here